Header Ads

Pelatihan Budidaya Organik Desa Ngompro



Mengembangkan budidaya padi sawah melalui metoda SRI organic sebagai teknologi alternatef dalam rangka peningkatan kemampuan teknis pengelolaan lahan (agro-ekosistem), pemerintah desa Ngompro bekerjasama dengan Sri Organik Nuswantara menyelenggarakan Pelatihan Budidaya Organik melalui Pembelajaran Ekologi Tanah (PET) & SRI ORGANIK pada tanggal 22-25 Januari 2018.

Pelatihan ini merupakan salah satu program dalam rangka menuju desa organik, mandiri, dan berkelanjutan. Dengan pendekatan kelompok melalui fasilitasi pembelajaran dan pendampingan serta pemberdayaan kearifan lokal yang ada, memanfaatkan limbah ternak, tanaman, dan sampah sebagai sumber bahan organik untuk meningkatkan produktivitas tanaman padi.



Produksi pertanian khususnya padi semakin susah untuk ditingkatkan bahkan cenderung menurun, hal ini disebabkan kesuburan tanah yang semakin merosot karena cara- cara pengelolaan lahan sawah yang kurang tepat sehinga sawah semakin tandus sementara pemberian pupuk an-organik yang terus-menerus, bahan organik yang berupa jerami padi tidak dikembalikan ke lahan, tetapi dibuang/dibakar sehingga mengakibatkan lahan sawah menjadi miskin beberapa unsur hara yang dibutuhkan tanaman.

Puluhan petani mengikuti pelatihan ini selama 3 hari dengan penuh antusias. Dengan pelatihan ini, diharapkan produktivitas tanah di Desa Ngompro akan semakin baik dan bisa meningkatkan hasil pertanian.

No comments

Powered by Blogger.